Home » , , » Cara membuat halaman statis (static page) di homepage blogger blog-web gratis terbaru lewat HP

Cara membuat halaman statis (static page) di homepage blogger blog-web gratis terbaru lewat HP

Cara membuat halaman statis (static page) di homepage blogger blog-web gratis terbaru lewat HP

Halaman statis (static page) adalah fitur yang di sediakan oleh blog-web gratis di blogger untuk menerapkan/membuat berbagai postingan artikel atau widget yang ingin di tampilkan ke homepage blog yang dimiliki di situs blogger blogspot.

Membuat halaman statis (static page) pada umumnya sama halnya seperti membuat postingan artikel di halaman dinamis (dinamis page), yang membuat berbeda adalah halaman statis tidak dapat tampil secara otomatis di homepage setelah kita publikasikan postingan artikel yang dibuat, sedangkan halaman dinamis akan secara otomatis tampil di homepage setelah kita publikasikan postingan artikel yang dibuat.

Dengan memanfaatkan halaman statis, seorang pemilik blog-web gratis di blogger sudah dapat memberikan kemudahan untuk pengunjung, atau dapat memberikan informasi terkait penggunaan situs blog-web, dengan demikian pengunjungpun dapat dengan mudah menggunakan website gratis di blogger yang kita miliki.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca contoh manfaat yang sering dibuat/digunakan di halaman (static page) di bawah ini.
  • 5 Manfaat yang sering digunakan oleh para penulis blog-web gratis di situs blogger pada halaman (static page)
    1. Membuat postingan artikel percobaan.
    2. Membuat halaman sitemap atau daftar isi.
    3. Menulis privacy policy, disclaimer dan persyaratan & ketentuan layanan.
    4. Membuat halaman about me atau info tentang pemilik website
    5. Membuat form Kontak kami.
Dengan memanfaatkan halaman statis (static page), blog-web gratis di blogger yang dimiliki akan terlihat profesional, dan memudahkan pembaca menelusuri isi dari blog-web serta memahami dengan baik, terkait penggunaan situs yang disetujui oleh pemilik "website" atau juga pengunjung blog anda dapat membuat pertanyaan singkat melalui kiriman email (GMAIL) tentang postingan artikel yang kurang di mengerti.

Postingan artikel kali ini kami menulis untuk yang masih baru (newbie) didalam mengelola website gratis di blogger, yang belum terbiasa membuat postingan artikel di halaman statis (static page), atau cara menambahkan widget-konten ke halaman statis menggunakan kode script.

Sebelum memulai pastikan anda telah menentukan postingan artikel atau konten-widget kode script yang ingin dibuat di halaman statis untuk ditampilkan di homepage "website gratis di blogger".
  • Cara membuat postingan artikel di halaman statis (static page), atau buat widget-konten menggunakan kode Script
    1. Masuk ke akun situs blogger "blogspot" anda, dan dari dasbor blogger,cari atau menemukannya fitur daftar menu "laman" yang berada di samping kiri layar perangkat Anda, kemudian sentuh fitur tersebut.
    2. Di dalam Tab baru yang terbuka adalah dasbor halaman,cari atau menemukannya tombol "Laman baru", lalu sentuh tombol tersebut.
    3. Di dalam tampilan baru yang terbuka adalah dasbor editor halaman,selanjutnya cari atau menemukannya fitur "Compose dan HTML" yang berada pada pojok kiri editor menulis postingan, kemudian sentuh atau pilih "HTML" untuk menulis postingan artikel atau konten/widget kode script yang telah anda salin/kopy dari blog-web.
    4. Berikutnya Sentuh dan tahan pada area editor menulis HTML, lalu tempelkan code script yang telah di salin/copy dari web penyedia.
    5. Selanjutnya, lengkapi judul halaman statis yang telah anda buat, dan sentuh ikon roda gigi yang berada di samping kanan layar perangkat anda, jika tidak ingin halaman statis di komentari, pilih jangan bolehkah sembunyikan yang ada,lalu pilih tekan enter untuk baris baru kemudian sentuh tombol selesai.
    6. Yang terakhir sentuh tombol oranye "publikasi". yang berada di pojok kanan atas layar perangkat.atau anda dapat menyentuh tombol pratinjau untuk melihat apakah halaman statis yang anda buat sudah sesuai keinginan, atau anda juga dapat menyentuh Tombol Simpan kemudian tombol tutup untuk dijadikan daftar yang akan dilanjutkan di lain waktu.
Catatan:
Mempublikasikan halaman tidak dapat dilihat oleh publik, jika ingin halaman di lihat oleh publik anda dapat melakukan penautan sendiri ke homepage blog-web anda.atau dapat pelajari tutorial di bawah ini.

  • Cara membuat halaman statis (static page) di homepage blog-web gratis blogger
    1. Masuk ke akun situs blogger anda dan dari dasbor blogger, sentuh tombol fitur "laman" yang berada pada samping kiri daftar menu.
    2. Di dalam tab baru yang terbuka adalah dasbor "halaman". cari atau menemukannya fitur "lihat" yang berada dibawah judul halaman, sentuh pada fitur link (URL) tersebut.(sentuh fitur "lihat)
    3. Selanjutnya akan di arahkan ke homepage web blog anda, sentuh dan tahan pada alamat link (url) yang berada pada "mesin pencari browser google crome".
    4. Sentuh atau pilih salin yang berada pada bagian atas layar perangkat.
    5. Info: anda dapat sentuh atau pilih ikon gunting untuk membuat salinan/copy,ini sama fungsinya dengan ikon "salin". dengan menggunakan cara ini anda dapat membuat link (URL) dan menempatkan link (URL) di seluruh postigan artikel/konten anda.
    6. Selanjutnya Kembali ke dasbor akun blogger anda dan sentuh daftar fitur menu "tata letak" yang berada di samping kiri layar perangkat anda, di dalam tampilan baru yang terbuka, cari dan sentuh "tambahkan gadget".
    7. Di dalam tab baru yang terbuka  adalah daftar tambahkan gadget,Cari atau menemukannya gadget "Widget laman" lalu sentuh ikon "tambah" yang berada di samping kanan fitur tersebut kemudian dari dasbor "widget laman"cari dan sentuh fitur "tambahkan tautan".
    8. Di dalam tab baru yang terbuka, lengkapi judul kemudian,sentuh dan tahan pada area editor menulis alamat (url) lalu tempelkan alamat (URL) yang tadi anda salin/kopy dari "mesin pencari browser google crome".
    9. Yang terakhir Sentuh tombol oranye "simpan" yang berada di dasar dasbor "widget laman".
Setelah sampai pada tahap ini, itu berarti anda telah berhasil menerapkan postingan artikel yang kami tulis tentang "cara membuat halaman statis (static page) di homepage blogger blog-web gratis terbaru lewat HP".

Dengan menggunakan atau mengikuti "cara  dan langkah-langkah" di atas dengan benar, maka homepage "blog" atau "website" yang anda miliki sudah tersedia "halaman statis (static page)" yang dapat dibaca/dilihat oleh pengunjung blog-web anda.

Untuk memastikan apakah sudah sesuai keinginan, dapat anda lakukan pratinjau melalui homepage blog-web anda.

Demikian postingan artikel yang dapat kami tulis untuk anda, jika ada kesempatan kami akan melakukan update postingan artikel dan kami publikasikan kembali disini.

Semoga postingan artikel ini bermanfaat bagi anda.
Thanks for reading : Cara membuat halaman statis (static page) di homepage blogger blog-web gratis terbaru lewat HP

Share this

0 komentar:

Post a Comment