Home » » Cara menambahkan widget (gadget) di sidebar blog-web blogger

Cara menambahkan widget (gadget) di sidebar blog-web blogger

Cara menambahkan widget (gadget) di sidebar blog-web blogger blogspot terbaru-

Cara menambahkan widget (gadget) di sidebar adalah salah satu cara terbaik memperbagus blog-web yang di miliki, dengan memanfaatkan bila samping (sidebar) seorang pemilik blog-web sudah dapat menambahkan berbagai jenis widget (gadget) seperti,"ikon widget sosial media", Google+,ikon Facebook(FB fanpage),ikon Twitter(followers),dan ikon Instragram(blog ig) ataupun menambahkan widget (gadget), archive, label, dan populer post ke sidebar blog-web yang dimiliki.

Sidebar blog-web di blogger blogspot adalah ruang yang berada di samping kanan atau kiri dari sebuah blog atau situs web yang sering menampilkan pemberitahuan atau sejenisnya melalui widget yang diinginkan, karena sidebar tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menampilkan berbagai jenis widget (gadget) bawaan situs blogger atau "kode script widget" yang sudah di edit atau di salin/copy dari blog-web desain blogger.

Keuntungan menempatkan widget (gadget) pada sidebar adalah, pengunjung blog-web dapat dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan, dan pengunjung juga dapat mengetahui dengan jelas aktivitas dari pemilik blog-web melalui "ikon widget sosial media" yang telah tersedia.

Jika anda adalah seorang blogger blogspot yang ingin menampilkan widget yang telah di dapat dari blog-web desain atau widget bawaan situs blogger, anda dapat membaca tutorial dibawah ini tentang "cara menambahkan widget (gadget) di sidebar blog-web blogger".

Informasi:
Tuthorial Cara menambahkan widget (gadget)  di sidebar tersebut kami buat melalui daftar menu fitur "layout tata letak" di blogger blog-web gratis blogspot.

Sebelum memulai pastikan terlebih dahulu apakah anda sudah memiliki salinan "kode script widget" dari blog-web desain yang ingin ditampilkan, ataukah anda ingin menambahkan widget (gadget) bawaan blogger.silakan membacanya dibawah ini.
  • Cara Menambahkan widget (gadget) bawaan blogger melalui layout tata letak.
    1. Masuk ke www.blogger.com menggunakan akun blogger anda dan dari dasbor blogger, cari atau menemukannya daftar "fitur tata letak" yang berada di samping kiri layar perangkat, lalu sentuh fitur tersebut.
    2. Di dalam tab baru yang terbuka adalah dasbor "Layout Tata Letak", selanjutnya dari dalam dasbor layout tata letak, cari atau menemukannya pada bila samping kiri atau kanan widget sidebar, kemudian sentuh "Tambahkan Gadget".
    3. Di dalam Tab baru yang terbuka adalah daftar widget (gadget) yang dapat digunakan seperti: archive, label, populer post dan yang lainnya, cari atau pilih pada ikon "tambah" yang berada di samping kanan fitur widget pilihan anda yang ingin ditampilkan di homepage sidebar blog-web anda.
    4. Yang terakhir Sentuh tombol oranye "Simpan".
Catatan:
Di dalam masing-masing widget bawaan blogger blog-web blogspot mempunyai pengaturan yang berbeda-beda, anda dapat melakukan pengaturan sendiri atau mengikuti yang sudah di sediakan oleh situs blogger.com.

Dengan mengikuti tutorial di atas tahap demi tahap dengan benar, maka itu berarti anda telah berhasil "menambahkan widget (gadget) bawaan blogger ke sidebar blog-web anda",kini saatnya anda membaca tutorial dibawah tentang "cara menambahkan widget (gadget) yang di salin/copy "kode script widget" dari blog-web desain blogger".

Cara menambahkan "kode script widget" melalui layout Tata letak, pada umumnya hampir sama dengan menambahkan widget (gadget) bawaan blogger, yang membuat berbeda adalah menambahkan widget bawaan blogger, anda dapat dengan leluasa memilih atau menggunakan widget yang tersedia, sedangkan menambahkan widget (gadget) menggunakan "kode script widget" yang di dapat dari blog-web desain, anda hanya dapat menggunakan fitur "HTML/JavaScript",untuk lebih jelasnya silahkan baca tutorial dibawah ini.
  • Cara Menambahkan widget (gadget) menggunakan kode script yang di dapat dari blog-web desain melalui layout Tata letak
    1. Salin/copy kode script widget dari blog-web desain.
    2. Masuk ke www.blogger.com menggunakan akun blogger anda,dan dari dasbor blogger, cari atau menemukannya fitur "tata letak" pada daftar menu yang berada di samping kiri layar perangkat anda.
    3. Di dalam tab baru yang terbuka adalah dasbor layout tata letak, selanjutnya cari atau menemukannya fitur "tambahkan gadget" yang berada pada samping kiri atau kanan layar perangkat Anda, lalu sentuh fitur tersebut.
    4. Di dalam Tab baru yang terbuka adalah daftar widget (gadget), selanjutnya Cari atau menemukannya widget (gadget) "HTML/JavaScript", lalu sentuh ikon "tambah" yang berada pada samping kanan fitur tersebut.
    5. Di dalam tab baru yang terbuka adalah dasbor editor "HTML/JavaScript",Lengkapi judul kemudian Sentuh dan tahan pada area editor menulis dan tempelkan "kode script widget" yang di dapat dari blog-web desain blogger.
    6. Yang terakhir Sentuh tombol oranye "Simpan" yang berada di dasar dasbor editor tersebut.
Catatan:
Dalam menambah kode script widget melalui "HTML/JavaScript", anda dapat melakukan pengaturan melalui kode script widget yang telah di tempelkan,ini yang membuat sedikit berbeda dengan cara menambahkan widget (gadget) bawaan blogger.

Apabila anda melakukan semuanya dengan benar, maka widget (gadget) sudah di tampilkan di homepage blog-web blogger blogspot anda, untuk memastikan apakah widget (gadget) terpasang dengan benar, anda dapat melakukan pratinjau/lihat melalui dasbor homepage blog-web anda.

Tutorial di atas adalah cara yang sering digunakan oleh para penulis/pemilik blog-web di situs blogger untuk memperbagus atau memudahkan pengunjung menemukan informasi yang dibutuhkan,apabila anda memiliki blog-web di blogger namun masih baru (PEMULA) dalam mengelola layout tata letak,dapat anda pelajari cara di atas sebagai contoh,ini adalah cara umum menambahkan widget (gadget) melalui layout tata letak pada situs www.blogger.com.

Demikian artikel yang dapat kami buat, jika dilain waktu kami memiliki kesempatan, kami akan melakukan update postingan artikel dan publikasikan kembali disini.

Semoga dapat berguna bagi anda yang masih (newbie) seperti kami.

Thanks for reading : Cara menambahkan widget (gadget) di sidebar blog-web blogger

Share this

0 komentar:

Post a Comment